Memahami Introvert Melalui Buku "Mendengar Nyanyian Sunyi"

"Aku merasa sunyi dalam ramai dan ramai dalam sunyi. aku tak berjodoh dengan berbagai definisi. aku tak bermaksud membela diri. Aku hanya ingin kau bersedia menyadari bahwa kesalahpahaman tentangku harus segera disudahi." - Urfa Qurota Ainy 

Waah, rasanya seperti jatuh cinta pada pandangan pertama,, ehh, pertama kali baca, bukan baca bukunya, tapi baca promosinya aja udah suka,,. Entah rasanya langsung cocok sama buku ini !! Pas lihat di beranda instagramku ada promosi iklan oleh instagram tentang buku ini. Jujur aku belum kenal (tau) penulis buku ini, Urfa Qurota Ainy. Baca caption yang menurutku cukup singkat dari iklan tersebut, tapi entah rasanya langsung tertarik aja. Langsung aku klik dehh,, dan buka akunnya. Scroll naik-turun memantapkan hati buat beli.  Yaa, meskipun aku pengin banget beli buku ini, aku harus mengesampingkan niatku untuk beli buku ini. Dikarena kondisi aku yang kebetulan baru beli buku dan dibeliin buku yang belum kelar - kelar bacanya (“masa aku beli buku lagi”, begitu pikirku ) ditambah kondisi keuangan yang lagi kurang bersahabat, bagi anak kost-an.

Ehh, namun  mungkin layaknya orang sedang jatuh cinta yang selalu memikirnya orang yang disukainya. Aku pun juga  mikirin buku ini terus, terus bukain, stalking akunnya penulis buku ini. Dan akhirnya,,,, di hari terakhir PO udah malem banget pula aku buka akunnya mbk Urfa,  buka link di bio-nya dan langsung terhubung ke WhatsApp untuk chat ke admin untuk pemesanan buku. Dan untungnya masih direspon dan masih bisa pesen Fiuhh,, akhirnya,,,. hehehe

Menurutku ini terbagi menjadi beberapa bagian,  penjelasan tentang introvert secara ilmiah dan juga dengan penuturan tentang seluk beluk introvert yang oleh penulis. Serta bagian terakhir yaitu semacam cerita pendek  (bener pendek ya tapi gak cuma satu cerita) kode - kode mengenai hal- hal yang dialami oleh innie ( sebutan untuk si introvert).


Penampakan Buku "Mendengar Nyanyian Sunyi"

Baca buku ini, benar – benar beda dengan membaca buku lain yang pernah aku baca. Buku ini tahu aku banget, untuk hal – hal yang jarang baget aku unkapkan ke orang lain. Sering banget aku meng-iyakan saat membaca,, wahh iya, he.e bener banget. Senyum – senyum sendiri. Nomong sama diri sendiri, iya rin coba kalau kamu praktekin yang kaya gini beneran, jadinya gimana ya?? heheh. 


Selain buku ini menggambarkan bagaimana pribadi introvert yang aku banget, tapi juga ada beberapa hal yang bukan aku, hmm  lebih tepatnya  titik yang belum dan ingin akubisa lakukan atau capai. terkadang kita (*aku menjadikan alasan kepribadian ini untuk tidak melakukan sesuatu karena ini bukan hal yang introvert lakukan.  Introvert pun juga melakukan hal - hal luarbiasa. Bahkan dalam  buku Susan cain, Quiet ; The power of Introvert in a World That Can't Stop Talking disebutkan bahwa orang - orang terkenal yang kita ketahui merupakan seorang introvert seperti J. K Rowling, Bill gates, Abraha Lincoln,

Saat pertama kali lihat video Susan Cain di TED, awalnya saya tidakmengira bahwa dia adalah seorang introvert, bagaimana dia berbicara di khalayak ramai. Wowoow... tapi saya jadi takjub melihatnya,  karena introvert yang selama ini lebih dianggap pendiam dsb, bisa menunjukkan bahwa hal tersebut salah.

Jadi buku ini bukan hanya menenangkan saya dan mungkin para pemilik kepribadian introvert bahwa mereka tak sendiri dan ada manusia yang memahami pribadi saya (*kami dan juga memotivasi serta menyadarkan saya bahwa saya juga bisa melakukan sesuatu yang bisa memiliki pengaruh/perubahan yang baik mininal pada kehidupan di sekitar saya.

"Gemgamlah kata – kata ini : kau berharga, kau berhak bahagia." - Urfa Qurota Ainy 

Buku ini mungkin akan menyadarkan orang yang beranggapan bahwa introvert tiba - tiba menghilang, aneh dan sebagainya. saya akan menulis beberapa kutipan hal - hal yang sering terjadi dan mungkin akan menjadi kesalahpahaman pada link ini.


Comments