Penjabaran Kompetensi Dasar menjadi Indikator dan Tujuan Pembelajaran pada Sub Materi hukm Ohm

SATUAN PENDIDIKAN     : SMA
KELAS / SEMESTER    : XII / Gasal
KOMPETENSI INTI
KI-1  Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI. 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis prinsip kerja  peralatan listrik searah (DC) dalam kehidupan sehari-hari

MATERI                     : Rangkaian Arus Searah
SUB MATERI                 : Hukum Ohm
METODE PEMBELAJARAN   : Eksperimen
ALOKASI WAKTU       : 2 x 45 menit



NO
ASPEK YANG DINILAI
INDIKATOR PEMBELAJARAN
TUJUAN PEMBELAJARAN
1
Kognitif Produk
  • Mendeskripsikan hubungan antara tegangan, kuat arus, dan hambatan.
  • Merumuskan persamaan hukum ohm.

  • Siswa dapat menemukan hubungan antara tegangan, kuat arus dan hambatan melalui percobaan dengan tepat
  •  Siswa dapat merumuskan persamaan Hukum Ohm  melalui percobaan  depan tepat.
  • Siswa dapat mengetahui penyataan Hukum Ohm melalui percobaan dengan tepat.

2
Kognitif proses
  • Mentabulasi data hasil percobaan
  • Menyelidiki hubungan besar tegangan, kuat arus dan hambatan dalam suatu rangkaian.

  • Melalui pratikum siswa dapat mentabulasi data hasil percobaan dengan benar
  • Melalui pratikum siswa dapat menyelidiki  hubungan besar tegangan, kuat arus dan hambatan dalam suatu rangkaian dengan tepat.

3
Psikomotorik
  •  Mengukur besar tegangan dan kuat arus dalam rangkaian percobaan
  • Menggambar grafik hubungan tegangan dan  kuat arus

  • Dengan disediakan peralatan pratikum siswa dapat menyusun rangkaian percobaan dengan tepat
  • Dengan menggunakan multimeter, siswa dapat mengukur besar tegangan dan kuat arus dalam rangkaian percobaan dengan benar
  • Melalui diskusi hasil percobaan, siswa dapat menggambar grafik hubungan hubungan tegangan, kuat arus dengan benar.

4
Afektif
  • Menunjukkan  perilaku berkarakter dalam hal jujur, teliti, disiplin dan bertanggungjawab
  • Mengidentifikasi (membentuk pendapat) tentang hokum ohm

  • Dengan disediakan peralatan pratikum, siswa melakukan percobaan dengan jujur, teliti, disiplin dan bertanggungjawab
  • Dengan disediakan peralatanpratikum,  siswa dapat mengidentifikasi (membentuk pendapat)tentang hokum ohm, dengan benar.





Comments