Ayat Al Quran inspirasi,memotivasi dan menenangkan

Assalamualaikum,,
Untuk kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang ayat Alquran yang cukup menempel dalam ingatan saya, dan sering saya tuliskan dalam agenda saya saat menghadapi suatu situasi. berikut saya juga membuatnya dalam gambar

1. ....Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu...


Ayat diatas merupan bagian akhir dari ayat Al-Baqarah : 185.
Pada Asy-Syarḥ : 5 - 6 dijelaskan begitu pula , yaitu
فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan,
إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا
sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

2.


"Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap." ( Asy - Syarḥ :8 ).
Bagiku ayat ini merupakan nasehat yang tak lekang oleh waktu.
Ayat ini begitu menempel dalam ingatan saya. kala itu saya masih di boarding school . Sewaktu saya dijenguk saya sering mengeluh, dan  orangtua saya sering mengingatkan saya akan hal ini.
"Mintalah hanya kepada Allah. Dia Maha Kaya. Jangan minta "mae pae" Karena "mae pae" pun juga meminta kepada Allah. "
Hingga saat ini ayat ini seperti menjadi pengingat  buatku. saat hati tak tentu, pikiran kabur, resah, ambigu,  bingung, menghadapi masalah. Merasa lega saat teringat ayat ini, mengingatkanku untuk berdoa kepadaNya. Seolah diingatkan bahwa segala hal  bisa diselesaikan hanya jika Allah menhendaki.

 3.


dan apabila hamba - hambaKu bertanya kepadamu (Muhammad ) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permihonan orang yang berdoa kepadaKu . Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah) ku dan beriman kepadaKu agar mereka memperoleh kebenaran. ( Albaqoroh : 186 )
yaa, ini sudah jelas sekali dalam ayat ini.
Pertama , bahwa sesungguhnya Allah itu dekat dengan hamba - hambanya. bahkan lebih dekat dari urat leher kita, yang dijelaskan pada ayat berikut

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ وَنَعْلَمُ مَا تُوَسْوِسُ بِهِ نَفْسُهُ ۖ وَنَحْنُ أَقْرَبُ إِلَيْهِ مِنْ حَبْلِ الْوَرِيدِ

Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada urat lehernya.
( Qaf :16)


4. Maka ingatlah kepadaKu , Aku pun akan ingat kepadamu



فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.

5. 









Comments