contoh pembelajaran pendekatan saintifik pada materi massa jenis

Ini tugas mata kuliah dasar pendidikan MIPA, tentang  pendekatan pembelajaran IPA, yaitu bagaimana pebelajaran yang dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik, yaitu dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Berikut contoh penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran massa jenis.

MASSA JENIS ZAT

A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan massa jenis suatu zat
B.     Alat dan bahan
1.      Air
2.      Minyak
3.      Sabun cair
4.      Gelas tabung
5.      Neraca
6.      Gelas ukur
C.     Langkah  - Langka KBM
1.      Mengamati
Siswa diminta untuk menuangkan air, minyak dan sabun cair secara berurutan kedalam gelas tabung. Apa yang terjadi pad a ketiga zat cair terssebut pada gelas tabung ? Mengapa ketiga zat cair tersebut tidak tercampur? Mengapa air berada di tengah diantara sabun cair dan minyak ? Kemudian diskusi diarahkan bahwa setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda.
2.      Menanya
Bagaimana cara menentukan massa jenis suatu zat?
3.      Mengumpulkan Informasi
Kepada para siswa dibagikan peralatan yang trdiri dari : gelas tabung, gelas ukur, neraca, dan bahan : minyak, air, dan sabbun cair. Kemuduan para siswa melakukan percobaan.
      Langkah percobaan sebagai berikut :
a)      Ukur volume air menggunakan gelas ukur!
b)      Timbang  massa air yang telah diukur volumenya dengan menuang air ke dalam gelas tabung yang berada di neraca, yang sebelumnya telah diukur massa gelas tersebut. (Massa air adalah hasil penimbangan dikurangi massa gelas tabung )
c)      Ukur volume minyak menggunakan gelas ukur!
d)      Timbang massa minyak yang telah diukur volumenya dengan menuang minyak ke dalam gelas tabung yang berada di neraca, yang sebelumnya telah diukur massa gelas tersebut.  (Massa minyak adalah hasil penimbangan dikurangi massa gelas tabung )
e)      Ukur volume sabun cair menggunakan gelas ukur!
f)       Timbang  massa sabun cair yang telah diukur volumenya dengan menuang sabun cair ke dalam gelas tabung yang berada di neraca, yang sebelumnya telah diukur massa gelas tersebut. (Massa sabun cair adalah hasil penimbangan dikurangi massa gelas tabung )
g)      Ulangi langkah 1 – 6 dengan mengubah volumenya dua kali lagi !
h)      Catat hasil percobaan ke dalam tabel!
4.      Menyimpulkan
Tabel pengamatan , menghitung massa jenis zat cair
a)      Air
Volume ( ml )
Massa ( gr )
Massa jenis ( ρ = m / v )
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml

b)      minyak
Volume ( ml )
Massa ( gr )
Massa jenis (gr/ml)
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml

c)      sabun cair
Volume ( ml )
Massa ( gr )
Massa jenis (gr/ml)
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml
ml
gr
gr/ml

5.      menyimpulkan
a.      Massa jenis air ...........
b.      Massa jenis minyak ..........
c.       Massa jenis sabun ...........
d.      Massa jenis sidefinisikan sebagai ..................

D.     Penguatan materi
Siswa diminta untuk menyebutkan manfaat dengan adanya massa jenis zat, dalam membantu kehidupan manusia.
Tugas dan perkerjaan rumah:
a.      Hitunglah massa sebuah balok jika diketahui massa jenis balok 1000 kg/m3 dan volume balok 2 m3 !


b.      Tentukan massa jenis sebuah kubus yang panjang sisinya 5 cm jika diketahui massa kubus 250 gram !

Comments