contoh pembelajaran pendekatan saintifik pada materi massa jenis
Ini tugas
mata kuliah dasar pendidikan MIPA, tentang pendekatan pembelajaran IPA, yaitu bagaimana
pebelajaran yang dilaksanakan menggunakan pendekatan saintifik, yaitu dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menganalisis, dan menyimpulkan. Berikut contoh
penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran massa jenis.
MASSA JENIS ZAT
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menentukan massa jenis
suatu zat
B. Alat dan bahan
1. Air
2. Minyak
3. Sabun cair
4. Gelas tabung
5. Neraca
6. Gelas ukur
C. Langkah - Langka KBM
1. Mengamati
Siswa diminta untuk menuangkan air,
minyak dan sabun cair secara berurutan kedalam gelas tabung. Apa yang terjadi
pad a ketiga zat cair terssebut pada gelas tabung ? Mengapa ketiga zat cair
tersebut tidak tercampur? Mengapa air berada di tengah diantara sabun cair dan
minyak ? Kemudian diskusi diarahkan bahwa setiap zat memiliki massa jenis yang
berbeda.
2. Menanya
Bagaimana cara menentukan massa jenis suatu zat?
3. Mengumpulkan Informasi
Kepada para siswa dibagikan peralatan
yang trdiri dari : gelas tabung, gelas ukur, neraca, dan bahan : minyak, air,
dan sabbun cair. Kemuduan para siswa melakukan percobaan.
Langkah percobaan
sebagai berikut :
a) Ukur volume air menggunakan gelas
ukur!
b) Timbang massa air yang telah diukur volumenya dengan
menuang air ke dalam gelas tabung yang berada di neraca, yang sebelumnya telah
diukur massa gelas tersebut. (Massa air adalah hasil penimbangan dikurangi
massa gelas tabung )
c) Ukur volume minyak menggunakan gelas
ukur!
d) Timbang massa minyak yang telah
diukur volumenya dengan menuang minyak ke dalam gelas tabung yang berada di
neraca, yang sebelumnya telah diukur massa gelas tersebut. (Massa minyak adalah hasil penimbangan
dikurangi massa gelas tabung )
e) Ukur volume sabun cair menggunakan
gelas ukur!
f) Timbang massa sabun cair yang telah diukur volumenya
dengan menuang sabun cair ke dalam gelas tabung yang berada di neraca, yang
sebelumnya telah diukur massa gelas tersebut. (Massa sabun cair adalah hasil
penimbangan dikurangi massa gelas tabung )
g) Ulangi langkah 1 – 6 dengan mengubah
volumenya dua kali lagi !
h) Catat hasil percobaan ke dalam tabel!
4. Menyimpulkan
Tabel pengamatan , menghitung massa jenis zat cair
a) Air
Volume
( ml )
|
Massa (
gr )
|
Massa jenis ( ρ = m / v )
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
b) minyak
Volume
( ml )
|
Massa (
gr )
|
Massa
jenis (gr/ml)
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
c) sabun cair
Volume
( ml )
|
Massa (
gr )
|
Massa
jenis (gr/ml)
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
ml
|
gr
|
gr/ml
|
5. menyimpulkan
a. Massa jenis air ...........
b. Massa jenis minyak ..........
c. Massa jenis sabun ...........
d. Massa jenis sidefinisikan sebagai ..................
D. Penguatan materi
Siswa diminta untuk menyebutkan manfaat dengan adanya
massa jenis zat, dalam membantu kehidupan manusia.
Tugas dan perkerjaan rumah:
a.
Hitunglah massa
sebuah balok jika diketahui massa jenis balok 1000 kg/m3 dan volume balok 2 m3
!
b.
Tentukan massa
jenis sebuah kubus yang panjang sisinya 5 cm jika diketahui massa kubus 250
gram !
Comments
Post a Comment